Wednesday, June 17, 2015

10 Makanan Khas Jepang paling Populer

Hai, kembali lagi dengan Hapz's Journal. kalian tau gak kalau Makanan diseluruh Dunia berbeda-beda termasuk Jepang. Jepang adalah Negara yang terkenal di Asia dengan Makanannya yaitu Sushi. Kali ini mari kita lebih mendalami Makanan Khas Jepang di 10 Makanan Khas Jepang paling Populer.

Read More...
1. ONIGIRI (おにぎり)

Onigiri adalah Makanan khas dari Jepang yang berbahan utama Nasi Putih. Nasi putih ini dipadatkan dengan tangan atau dengan pencetak khusus onigiri. Umumnya, Onigiri dibungkus dengan lembaran Rumput laut dan diisi dengan Udang, Mayonnaise, Daun Bawang, Ume (asaman buah plum), dan Tarako & Mentaiko (telur ikan terbang).

2. TEMPURA (天ぷら)

Tempura memang merupakan Makanan Khas Jepang tapi sebenarnya Tempura diperkenalkan oleh bangsa Portugis pada abad ke-15. Tempura memiliki arti “memasak”. Kini, tempura sudah mendunia dan sangat populer di berbagai negara. Tempura terbuat dari makanan laut dan sayuran yang dimasak dengan cara digoreng dan dibalut dengan tepung renyah.

3. SUSHI (寿司)

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang sangat populer dimana-mana dan bukan hanya di Jepang, Sushi juga terkenal di Indonesia. Sushi dibuat dari nasi dengan tambahan Seafood, telur, dan sayuran segar. Sushi memiliki banyak kelebihan, selain penampilannya yang cantik dan menggugah selera, Sushi juga memiliki rasa yang enak dan termasuk makanan yang sehat. Sushi biasanya disantap sebagai menu sarapan pagi, tetapi sushi juga disediakan pada saat ada acara-acara tertentu.

4. SASHIMI (刺身)

Sashimi merupakan makanan khas Jepang yang hampir sama dengan Sushi. Sashimi lebih dulu ada sebelum sushi. Perbedaan sashimi dengan sushi terletak pada nasi. Sashimi merupakan makanan mentah murni khas Jepang. Sashimi terbuat dari makanan laut yang disantap bersama kecap asin dan wasabi.

5. SHABU-SHABU (しゃぶしゃぶ)

Shabu-shabu merupakan makanan khas Jepang yang berisi irisan tipis daging, tahu, jamur dan sayuran. Daging yang biasanya dipakai adalah daging sapi, tetapi terkadang dipakai daging ayam, ikan, dan gurita. Shabu-shabu dimasak di dalam sebuah panci khusus. Daging shabu-shabu dinikmati bersama saus Jepang yang mengandung wijen yang disebut Gomadare.

6. SUKIYAKI (すき焼き)

Sukiyaki merupakan makanan khas Jepang yang disajikan di dalam sebuah panci dengan maksud sambil dimasak. Sukiyaki berisi irisan daging sapi yang tipis, sayuran, jamur, dan tahu. Cara memasak sukiyaki adalah dengan direbus. Irisan daging sukiyaki disantap dengan cara dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam yang disajikan di mangkuk kecil yang terpisah.

7. UDON (Japan's Instant Mie)

Sebenarnya udon berasal dari Tiongkok. Kata udon sendiri berasal dari kata Tiongkok, yaitu wonton (artinya pangsit), yang kemudian dilafalkan dengan kata undon/udon.Udon merupakan mie ala Jepang yang terbuat dari tepung terigu. Biasanya, Udon memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran mie pada umumnya. Selain ukuran tersebut, udon memiliki ukuran yang tipis dan kecil-kecil. Udon juga memiliki berbagai macam jenis berdasarkan cara memasaknya dan isinya.

8. ICHIRAKU RAMEN (一楽ラーメン)

Orang Jepang sangat menyukai ramen untuk disantap sebagai makanan sehari-hari. Sebenarnya, ramen bisa dikatakan sebagai ‘mie instannya orang Jepang’. Ramen dikemas di dalam sebuah cup. Cara memasak ramen juga sama dengan memasak mie instan di dalam cup, yaitu cukup menambahkan air panas saja ke dalamnya dan tunggu hingga mie menjadi lunak dan siap untuk disantap.

9. TAKOYAKI (たこ焼き)

Takoyaki sendiri memiliki arti ‘gurita panggang’. Takoyaki merupakan makanan khas Jepang yang termasuk ke dalam kategori cemilan. Adonan takoyaki berbahan dasar tepung terigu. Takoyaki diisi dengan gurita, keju, dan daun bawang. Setelah matang, takoyaki diberi tambahan saus mayonnaise, rumput laut, dan serutan ikan cakalang yang menambah nikmat pada saat disantap.

10. Kue Mochi (餅ケーキ)

Khayalak terlanjur mengenal mochi berasal dari kota Sukabumi, padahal sebenanrya mochi berasal dari Jepang. Mochi terbuat dari tepung beras ketan yang dibuat seperti pasta yang kemudian dibentuk. Di Jepang, mochi dibuat pada saat ada acara tradisional bernama ‘Mochitsuki’. Makanan ini dibuat pada tahun baru. Awalnya, mochi berbentuk segitiga namun dalam perkembangannya bentuk mochi menjadi  bervariasi. Dalam perkembangannya, isi mochi pun menjadi lebih beragam dan lebih menarik, seperti isi es krim, cokelat, dan lain-lain.

Itu tadi merupakan 10 Makanan Khas Jepang paling Populer.. Jadi ngiler ya kan ngelihat semua itu tadi.. Sama donk ane juga ngilerr nengoknya.. Jadi siapa yang mau makan Makanan Jepang ini yaa harus datang ke Jepang lahh. Tapi sekarang tidak perlu repot2 karna di Indonesia sudah menyediakan banyak Makanan Jepang diantaranya adalah Sushi, Kue Mochi, Mie Ramen, Takoyaki dan Tempura.

Baiklah sampai disini Perjumpaan kita, Sekian dari Postingan saya. Saya ucapkan Terima Kasih... 
Arigato Gozaimasu!

1 comment:

  1. ane pengen coba takoyaki..

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-radang-pankreas/

    ReplyDelete